Optimasi SEO OnPage pada Blog


Optimasi SEO Onpage

Optimasi SEO On Page memanglah susah-susah gampang, dibutuhkan semangat dan kesabaran. Seo On Page wajib anda lakukan jika ingin website anda ingin mendapatkan pagerank sehingga nantinya blog berpeluang untuk ditampilkan pada halaman pertama SERP. :)

Langkah-langkah untuk melakukan Optimasi SEO On Page
Untuk melakukan optimasi SEO onpage pada blog berikut ini beberapa langkah yang bisa anda tempuh.

  1. Title Tag
  2. Meta Description
  3. Alamat URL yang dibuat singkat dengan struktur mudah dipahami
  4. Menambahkan Gambar pada setiap postingan
  5. H1 Tag untuk judul konten atau artikel
  6. Penempatan kata kunci yang tepat pada 100 kata pertama
  7. Biasakan membuat artikel yang panjang 1500+ suku kata
  8. Gunakan long tail keyword untuk judul
  9. Buat artikel yang berkualitas dan berguna bagi orang banyak
Title tag
Gunakan Title Tag untuk meletakan keyword, berdasarkan anjuran para pakar SEO kata kunci yang diletakkan diawal judul itu lebih baik dari pada kata kunci yang dimasukan ditengah atau dibelakang.Contoh: judul dari kata kunci " Optimasi SEO Onpage" dari kata kunci ini bisa kita kembangkan judulnya.

  • Judul 1: Optimasi Seo Onpage pada blog
  • Judul 2: Cara melakukan Optimasi Seo Onpage pada blog
Dari kedua judul diatas google akan menyukai judul pertama. Kenapa? Karena Judul pertama menembakan kata kunci diawal judul.

Meta Description
Gunakan meta description untuk menempatkan keterangan singakat deskripsi dari judul yang dibuat. Panjang deskripsi usahakan sampai 156 karater, deskripsi adalah pilihan kedua yang akan dipertimbangkan oleh pengunjung ketika mereka menemukan judul artikel anda.

Alamat URL yang SEO Friendly
Sering kita menemukan bermacam-macam link url suatu halaman blog/situs, ada yang mudah dihafal(ingat) dan ada yang sulit (ribet). Contoh jika anda menggunakan platform wordpress anda akan menemukan link url seperti ini:
http://namasitus.com/category/2017/06/28/judul-artikel nah jika anda menemukan atau membuat artikel yang seperti itu harap segera menggantinya. Karena url tersebut kurang SEO Friendly. Alangkah baiknya jika urlnya seperti ini  http://namasitus.com/judul-artikel.html

Menambahkan Gambar pada postingan
Menambahkan gambar pada artikel akan berpengaruh besar pada artikel anda. Gambar akan membuat artikel kita jauh lebih hidup, lebih interaktif dan nyaman dimata pengunjung dan tidak menimbulkan bosan. Masukan gambar minimal 1 gambar didalam setiap postingan yang baru anda buat.

Kata kunci pada 100 pertama tiap artikel
Google sangat memperhatikan letak kata kunci yang ditempatkan didalam artikel, artikel yang relavan setidaknya akan terdapat kata kunci yang diulang pada artikel. Namun jangan terlalu banyak menggunakan kata kunci yang disisipkan di artikel tersebut. Buatlah yang standar dan relevan dengan isi artikelnya.

Letakan kata kunci pada tag H1
Usahaka setiap judul artikel diletakan dalam tag H1, tag H1 harus ada dalam setiap artikel yang kita buat dan jumlahnya harus satu, tidak boleh lebih. H1 tag sangat berperan penting salam SEO Onpage ini. Berdasarkan penelitian artikel yang tidak memiliki H1 tag dibandingkan dengan artikel yang memiliki struktur H1 tag, yang berpeluang lebih baik adalah artikel yang memiliki H1 tag.

Gunakan long tail keyword untuk judul artikel
Long tail keyword adalah kata kunci utama yang kita kembangkan menjadi 5 suku kata atau lebih , meskipun kata kunci yang terdiri dari 5 suku kata atau lebih tidak akan muncul ketika kita masukan pada pencarian riset kata kunci, pengunjung lebih banyak melakukan pencarian menggunakan bentuk kata kunci tersebut. buat judul artikel yang berpeluang besar untuk dicari orang dengan menambahkan frasa yang menarik perhatian orang misal 2014, terbaik, 100, paling banyak dicari, paling lengkap atau yang lainnya.

Buat artikel panjang
Jika anda hendak membudik kata kunci yang memiliki nilai kompetitor tinggi, sangat disarankan untuk membuat artikel yang panjang, buat artikel minimal mengandung 1500 kata atau lebih, beberapa industry yang meneliti tentang SEO (SerpIQ salah satunya), membuktikan bahwa artikel yang mengandung lebih dari 1500 kata atau lebih, memiliki peluang untuk menduduki peringkat lebih baik pada mesin pencari google. oleh karena itu akan lebih baik membuat artikel yang terdiri dari 1500 suku kata atau lebih setiap kali kita membuat artikel dengan membidik kata kunci yang memiliki nilai kompetitor tinggi.

Buat artikel yang berkualitas
Membuat artikel berkualitas memang dibutuhkan ektra karena tidak semua artikel yang kita posting disukai atau sesuai dengan kemauan pengujung. Artikel dikatakan berkualitas setidaknya memiliki tanggapan respon yang baik dan berguna bagi orang banyak. Orang mempraktekannya dan berhasil apa yang artikel anda sajikan. Usahakan membuat konten yang original namun tidak menutup kemungkinan jika anda mengambil copy paste dari artikel lain, cantumkanlah link(sumber) aslinya di setiap akhir postingan. Sehingga anda tidak dituntut atau menyuruhnya dihapus. Dengan menyertakan link sumber anda juga memberikan credit link situs yang anda copy.

Semoga ulasan ini bermanfaat ya buat teman-teman :)


Artikel ini diambil dari ulasan http://strukturkode.blogspot.co.id/2014/09/optimasi-seo-onpage.html

0 Response to "Optimasi SEO OnPage pada Blog"

Post a Comment

Ditunggu komentarnya ya? Semoga sajian dari situs ini bermanfaat dan bisa dishare ke lainnya :)